Peluncuran Proyek FAO-EU FLEGT 17 Oktober 2018

Pada 17 Oktober 2018, bertempat di Hotel Grand Savero, IFM Fund mengadakan pertemuan yang manandai dimulainya pelaksanaan proyek. Judul kegiatan adalah "Memperkuat Tata Kelola Hutan melalui Pemantauan Independen Kehutanan Menuju Implementasi yang Efektif dari Inisiatif SVLK dan FLEGT di Indonesia". Kegiatan ini didanai oleh FAO-EU FLEGT untuk jangka waktu 15 bulan, dan dimulai sejak ditandatanganinya surat perjanjian kerja terhitung sejak akhir Agustus 2018.

Sebelum menuju hari H, persiapan telah dilakukan sejak seminggu sebelumnya mengingat tokoh yang diundang memiliki jadwal dan kegiatan yang berbeda dan hampir semua undangan menyatakan kesediaan untuk dapat meluangkan waktunya. Pada pukul 8.30, sejam sebelum acara secara resmi dimulai adalah Direktur MFP 4, Tri Nugroho. Beberapa waktu kemudian berturut-turut hadir undangan lainnya, Dr. Rufi’ie dan Ir. Sigit Pramono, M.Sc. dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Michael Bucki dari European Commission, Paul Eastwood dari DFID, Mardi Minangsari dari Environment Investigation Agency, dan perwakilan dari LSM serta jaringan pemantau independent kehutanan.

Pertemuan dibuka oleh Direktur IFM Fund Christian Bob Purba, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Josil P. Murray dari FAO. Christian Bob Purba kemudian melanjutkan dengan mempresentasikan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama 15 bulan kedepan dalam rangka menyelesaikan tanggung jawab IFM Fund dalam melaksanakan proyek ini.

Tanggapan atas presentasi yang dipaparkan disampaikan oleh Dr. Rufi'ie, Ir. Sigit Pramono, M.sc., Paul Eastwood, Michael Bucki, Mardi Minangsari, Tri Nugroho serta Dhio (Jaringan Pemantau Independen Kehutanan). Beberapa masukan dan tanggapan yang disampaikan adalah: