KLHK Perkuat Peran Pemantau Independen Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkuat keberadaan Pemantau Independen Kehutanan. Pemantau Independen atau PI berfungsi melakukan pengawasan tata kelola hutan yang tersebar di Indonesia.

Dirjen Pengelolaan Produk Hutan Lestasi KLHK, yang juga merupakan pendiri Independent Forest Monitoring Fund (IFM Fund), Ida Bagus Putera Partama mengatakan, penguatan PI didasari adanya Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang dimiliki KLHK untuk perbaikan tata kelola hutan, pemberantasan pembalakan liar dan perdagangannya. Sistem ini akan menempatkan masyarakat sebagai PI untuk turut serta menjamin kredibilitas SVLK. Dalam aturannya, SVLK mewajibkan perusahaan untuk menerapkan perlindungan dan pengamanan hutan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan untuk mengendalikan gangguan hutan.

Menurutnya, keberadaan PI di Indonesia telah diakui dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P30 tahun 2016 dan Perdirjen No. P14. Sampai saat ini, PI tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai jaringan, lembaga dan individu.

Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan-hidup-dan-hutan/16/08/30/ocpns2368-klhk-perkuat-peran-pemantau-independen-kehutanan
30 August 2016