Pemantauan Berbasis Kewilayahan Bentuk Kerjasama Para Pihak

Forestfund - 3 Februari 2021. Peran pemantau independen dalam pemantauan legalitas kayu merupakan salah satu hal penting dalam efektifvitas penerapan sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK). Berbagai kendala yang dihadapi para pemantau independen dimasa lalu serta perlunya kerjasama yang lebih baik dengan para pemangku kepentingan dalam proses pemantauan menjadi sebuah tantangan, untuk itulah konsep skema permantau perlu perbaikan.

Bersama para pemantau independen, IFM Fund membangun sebuah konsep dengan pendekatan berbasis kewilayahan yang menekankan pentingnya peran institusi negara yang memiliki kewenangan dalam areal kawasan hutan serta administrasi wilayah politik negara. Melalui konsep ini diharapkan nantinya akan terjadi sinergi antara para pemantau indpenden dengan para pemangku kepentingan lainnya seperti KPH dan Dinas Kehutanan dimana aktivitas disektor kehutanan menjadi bagian dari fungsi dan kewenangannya.

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) merupakan wilayah pengelolaan hutan yang disesuaikan dengan fungsi pokok dan peruntukannya yang dapat dikekola secara efisien dan lestari. Sebagai unit pengelola terkecil pada tingkat tapak, KPH memiliki peran untuk mengontrol segala jenis aktivitas yang ada di kawasan hutan di wilayahnya. Dengan demikian, penanggungjawab atas pengawasan dan pengelolaan sumber daya hutan berada di bawah kewenangan KPH, termasuk SVLK.

Selain pengembangan skema pemantauan implementasi SVLK pada wilayah KPH, perlu juga dilakukan pengembangan pada wilayah administrasi Kabupaten atau Cabang Dinas Kehutanan (CDK). Peran CDK dalam penyelenggaraan administrasi guna mencapai efisiensi dan kecepatan dalam pelayanan publik berpengaruh terhadap implementasi SVLK.

Hingga saat ini konsep pemantauan yang sedang dibangun memasuki tahap penyempurnaan melalui pertemuan yang dilakukan pada tanggal 3 Februari 2021, hal-hal yang terkait dengan lingkup indikator, kewenangan, areal hingga metode verifikasi ikut didiskusikan dalam pertemuan tersebut.