Lowongan Tenaga Konsultan Penyusunan Rancangan Penggalangan Sumberdaya bagi Pemantau Independen

Y-PIKI (Yayasan Pemantau Independen Kehutanan Indonesia) yang kemudian disebut sebagai IFM Fund (Independent Forest Monitoring Fund) adalah sebuah lembaga pengelola dana yang berupaya mendukung keberlanjutan kegiatan pemantauan kehutanan di Indonesia. Tujuan dari IFM Fund adalah memberikan dukungan pendanaan bagi para konstituennya (pemantau independen dan jaringannya), untuk memperkuat dan memfasilitasi penguatan kapasitas, mekanisme penggalangan dan pendistribusian dana, dan berbagi informasi untuk mendukung pemantau independen (PI) di Indonesia.

Saat ini, IFM Fund berencana mengembangkan sebuah rancangan penggalangan sumberdaya (resources mobilization) termasuk pendanaan -bagi PI, baik yang bersumber dari APBN, APBD, maupun dari sumber lain yang sah dan tidak mengikat seperti dana hibah maupun persentase biaya V-Legal Document dan/atau FLEGT-Licenses. Proses penggalangan sumber daya ini diharapkan akan semakin memperkuat portofolio IFM Fund, yang pada gilirannya aktivitas pemantauan kehutanan oleh pemantau independen dapat dilaksanakan secara efektif dan berkesinambungan.

Untuk kebutuhan ini, maka IFM Fund membuka lowongan pekerjaan untuk 1 (satu) orang Tenaga Konsultan terkait Penggalangan Sumberdaya bagi Pemantau Independen selama 20 hari kerja dengan rentang waktu 20 Januari – 31 Maret 2019. Bekerja jarak jauh dimungkinkan, sedangkan kehadiran di kantor IFM Fund berdasarkan kesepakatan berdasarkan rencana kerja dengan tim.

KEWAJIBAN

  1. Menyusun dokumen strategi penggalangan sumber daya bagi pemantau independen;
  2. Melakukan komunikasi/interview dengan pemerintah, lembaga sertifikasi, asosiasi, terkait peluang pendanaan dari biaya sertifikasi;
  3. Melakukan komunikasi/interview dengan berbagai pihak yang telah memiliki dan melakukan penggalangan sumber daya;
  4. Membuat usulan kegiatan yang akan dilakukan untuk memulai inisiatif penggalangan sumberdaya;
  5. Berkoordinasi dengan staff IFM Fund atau pihak ketiga dalam proses penyusunan dokumen strategi penggalangan sumber daya.

KUALIFIKASI

  1. Minimum S1;
  2. Pengalaman kerja minimum 3 (tiga) tahun yang berkaitan dengan isu penggalanan sumberdaya;
  3. Memiliki pengetahuan mengenai konsep dan mekanisme kerja penggalangan sumberdaya;
  4. Mampu mengolah dan mensintesis informasi yang dikumpulkan secara komprehensif;
  5. Mampu bekerja mandiri maupun dalam tim; mampu berkomunikasi dengan para pihak; yang didukung dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara cepat dan efektif;

SYARAT ADMINISTRASI

Mengirimkan surat lamaran, curriculum vitae (CV), serta salinan kartu identitas/KTP. Aplikasi diterima paling lambat 14 Januari 2019, melalui email ke info@forestfund.or.id. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kontak di bawah. Pelamar yang memenuhi kualifikasi akan dihubungi melalui email maupun telepon.

Independent Forest Monitoring Fund

Gedung Setyajaya, Lantai 2 Blok J
Jl. Raya Pajajaran No. 23
Kel. Baranangsiang
Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, 16143
Tel/Fax: 0251 - 8347 835